RANCANG BANGUN BODI MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN FIBERGLASS
DOI:
https://doi.org/10.55679/pistonjt.v10i1.84Kata Kunci:
Electric car, Car Body, Composite, Fiberglass, Hand lay upAbstrak
Mobil listrik merupakan mobil yang digerakkan dengan motor listrik dan
menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai. Pada penggunaan
mobil listrik tentunya membutuhkan sebuah desain kendaraan yang bisa
memenuhi kebutuhan otomotif yang lebih banyak terfokus pada chasis dan
body. Performa mobil listrik dipengaruhi oleh bobot dan aerodinamika dari
mobil itu sendiri, salah satunya body mobil listrik, untuk menghasilkan
performa yang baik maka diperlukan desain yang memiliki nilai koefisien
drag yang rendah agar dapat membelah angin dengan baik mampu
membuat mobil listrik ini melaju dengan cepat. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bahan yang digunakan dalam pembuatan bodi mobil
listrik dengan menggunakan media fiberglass dan untuk mengetahui proses
finishing dalam pembuatan bodi mobil listrik dengan menggunakan media
fiberglas. Bahan yang digunakan untuk membuat body mobil listrik ini yaitu
fiberglass dengan teknik pengaplikasian hand lay up. Dalam pembuatanya
diperlukan beberapa persiapan, yaitu pembuatan desain, pembuatan
cetakan, dan pembuatan bodi mengunakan media fiberglass. Hasil
penelitian menunujukkan bahwa untuk spesifikasi hasil rancangan bodi
mobil yaitu diperoleh ukuran tinggi bodi 60 cm, lebar bodi 82 cm, panjang
bodi 2,73 m, lebar bodi bagian atas 63 cm, lebar bodi bagian dalam 50 cm,
tinggi bodi bagian depan 37 cm, panjang kaca bodi 101 cm, lebar kaca 63
cm, tinggi kaca bagian belakang 44,5 cm tinggi kaca bagian depan 10,5 cm
dengan berat bodi 19,25 kg dan berat kaca 2,15 kg. Kesimpulan dari
peneitian ini adalah bodi prototype mobil listrik dapat terpasang pada rangka
dengan baik setelah mobil digunakan atau dikendarai dan bodi prototype.
Mobil listrik dibuat dari fiberglass bahan tersebut sangat tepat karena
mempunyai karakter yang ringan, mudah dibentuk
Unduhan
Referensi
M. Adriana, A. Angkasa dan Masrianor. “Rancang Bangun Rangka (casis) Mobil Listrik Roda Tiga Kapasitas Satu Orang,” Jurnal Elemen, vol. 4, no. 2, Desember 2017.
Endangkasia. Perancangan dan Pembuatan Chassis Mobil Listrik Kapasitas Angkut 4 Orang. https://textid.123dok.com/document/9ynlj0lqperancangan-dan-pembuatan-chassis-mobil-listrik-kapasitasangkut-4orang.html. Malang. 2012 (Diakses pada tanggal 15 Mei 2024).
Suriyadi, U. Ibuhasa, M. Abdillah, Rizki, L. O. A. Barata, and Samhuddin, “Perancangan Pembuatan Kapal Tenaga Surya Skala Miniatur”, Piston-JT, vol. 7, no. 2, pp. 1–6, Dec. 2022.
S. Alfissin, M. Z. Yuliadi dan D. Wahyudi. “Pengaruh Susunan Serat Laminasi Fiberglass terhadap Kekuatan Tarik dan Tekuk Material Menggunakan Variasi Chopped Standart Mat dan Woven Roving”, Jurnal Midship, vol. 2, no. 2, Oktober 2019.
A. S. Haryono. Pemanfaatan Fiberglass Untuk Pembuatan Body Plastik Kendaraan Ahmad Haryono , ST. Politeknosains, 2011.
P. H. Adiwibowo. “Rancang Bangun Bodi Mobil Listrik Garuda Unesa (Garnesa)”. JRM. vol. 01 no. 01, 2013.
Alamsyah, T. Hidayat dan A. N. Iskandar. “Pengaruh Perbandingan Resin Dan Katalis Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Fiberglass-Polyester Untuk Bahan Pembuatan Kapal”. Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan. Vol. 2, No. 2, 2021.
W. T. Nugroho. “Pengaruh Model Serat Pada Bahan Fiberglass Terhadap Kekuatan, Ketangguhan, Dan Kekerasan Material”. Jurnal Ilmiah Inovasi, vol. 15 no. 1, 2015.
S. Rahmat, I. Firmansyah, A Affandi dan D. I. Putra. Pembuatan Bodi Prototype Mobil Hemat Energi Berbahan Fiberglass Di Politeknik Negeri Jember. Jurnal Teknik Terapan. Vol. 2. No. 2.
I. A. Saputra, S. J. Purnomo dan A. Noorsetyo. 2019. Rancang Bangun Bodi Mobil Listrik Urban Concept Berbahan Fibercarbon. RIDTEM (Riset Diploma Teknik Mesin) Vol. 2 No. I.
D. Tyagita, A. W. Pratama, dan D. B. Aprianto. 2019. Variasi Kadartiner Dan Temperatur Pengeringan Terhadap Kualitashasil Pengecatanbodi Kendaraan Berbahan ABS. J-Proteksion. Vol. 4No. 1.
Pambudi S. 2017. Rancang Bangun Bodi Prototype Mobil Listrik “Elang Untidar” Berbahan Fiberglass. Program Studi Diploma III Teknik Mesin. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Tidar.

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zakaria Ramadhan, Bayu Saputra, Yasin, Yogi Prasetia, Sudarsono, Nanang Endriatno

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.