Perawatan dan Perbaikan Sistem Kopling Manual Beberapa Jenis Mobil Operasional PT. Delta Sarana Sentosa

Penulis

  • Qirul Nur Arianto Jurusan Teknik Mesin, Pendidikan Vokasi, Universitas Halu Oleo
  • Iyan Jurusan Teknik Mesin, Pendidikan Vokasi, Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muhamad Dirman Jurusan Teknik Mesin, Pendidikan Vokasi, Universitas Halu Oleo
  • Ferdin Jurusan Teknik Mesin, Pendidikan Vokasi, Universitas Halu Oleo
  • Aminur Jurusan Teknik Mesin, Pendidikan Vokasi, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.55679/pistonjt.v8i2.50

Kata Kunci:

Kopling Manual,, Perwatan Kopling,, Mobil Manual

Abstrak

Pembuatan komponen-komponen kopling dari pabrik mempunyai perkiraan atau batas pemakaian komponen kopling yang harus diganti apabila ada kerusakan yang terjadi. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk  mengetahui  cara  perawatan dan perbaikan sistem kopling manual, dan mengetahui masalah yang sering terjadi pada saat  sistem kopling manual dioperasikan. Untuk mengidentifikasi atau mengetahui kerusakan pada komponen-komponen sistem kopling manual, maka digunakankan jenis data kualitatif  yaitu data yang merupakan penjelasan-penjelasan dan uraian-uraian yang dideskripsikan. Jenis data Kuantitatif ini merupakan data-data yang merupakan angka yang diperoleh dari informan seperti halnya umur dan tanggal lahir. Hasil observasi menunjukkan bahwa kompone-komponen yang sering mengalami kerusakan sistem kopling manual pada pada mobil Hino FM 260 FM, mobil Isuzu NKR 71 HD, dan mobil Hino Dutro 130 HD adalah karet master kopling atas, karet booster (kopling angin), karet master kopling bawah dan kampas kopling. Yang membuat kopling itu slip adalah kampas kopling aus/habis dan pedal kopling yang tinggi. Penyebab kampas kopling cepat habis adalah penggunaan kopling yang berlebihan, mengangkut beban yang melebihi kapasitas dan medan jalan yang tidak rata atau sulit. Laporan observasi ini memberikan kontribusi saran kepada pengguna kendaraan operasional PT. DSS dalam melakukan perawatan dan perbaikan unit kendaraan mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. S. Gunawan, A. Setiawan, and F. Legirian, “Perancangan Maintenance Management Informastion System untuk Unit Pemadam Kebakaran (Studi Kasus : PERUSAHAAN X),” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 219–224, 2017, https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.219-224.

F. S. Yelvita, PT Nusantara Berlian Motor-Mitsubishi Pekanbaru Perawatan Dan Perbaikan Sistem Kopling, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.

F. H. M. R. Neneng Khoirunnisa, Kusmaningrum, “Penjadwalan Perawatan Pencegahan Komponen Kopling Dan Rem Pada Mobil Pancar Di Dinas Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung,” Tek. Ind. Itenas, vol. 03, no. 01, pp. 212–223, 2015.

M. R. Harahap, “Fungsi Kerusakan Dan Perbaikan Kopling Kendaraan Ringan,” Bul. Utama Tek., vol. 13, no. 1, pp. 7–13, 2017.

Surorodin and Widiyatmiko, “Analisa Kerusakan Sistem Kopling Pada Mobil Toyota Avanza dan Cara Penyelesaiannya,” J. Pendidik. Tek. Otomotif, vol. 14, no. 02, pp. 89–92, 2019.

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

[1]
Qirul Nur Arianto, Iyan, La Ode Muhamad Dirman, Ferdin, dan Aminur, “Perawatan dan Perbaikan Sistem Kopling Manual Beberapa Jenis Mobil Operasional PT. Delta Sarana Sentosa”, Piston-JT, vol. 8, no. 2, hlm. 46–50, Des 2023.

Terbitan

Bagian

Articles