Rancang Bangun Rangka (Chasis) Mobil
DOI:
https://doi.org/10.55679/pistonjt.v8i2.46Kata Kunci:
Mobil listrik, Rangka (Chasis), Aluminium, Paku keeling, Uji BendingAbstrak
Mobil listrik merupakan mobil yang digerakkan dengan motor listrik dan menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai. Penggunaan mobil listrik dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara dan kontruksi mesin yang lebih sederhana. Pada penggunaan mobil listrik tentunya membutuhkan sebuah rangka yang berfungsi sebagai penopang semua beban yang ada pada kendaraan. Sebuah kontruksi rangka itu sendiri harus memiliki kekuatan, ringan dan mempunyai nilai kelenturan. dalam rangcangan rangka (chasis) mobil listrik memiliki tujuan yaitu bentuk rancangan rangka (chasis) mobil listik dan kekuatan rangka (chasis) mobil listrik dengan metode uji bending. dalam penggunaan konstruksi rangka digunakan jenis rangka tangga (H), untuk bahan rangka sendiri menggunkan bahan logam non-ferro yaitu Aluminium. Dalam prose penyambungan digunakan proses pengeboran untuk paku keeling, dari hasil rancangan rangka (Chasis) mobil listrik dengan ukuran panjang 223,5 cm, lebar depan 47,5cm, lebar tengah dan belakang 33 cm dan berat rangka 24,40 Kg. Proses pengujian bending disini menggunkan 2 beban driver 45 kg dan 82 kg. Pengukuran dilakukan melalui titik keseimbangan pada rangka yang telah di dapatkan, sehingga pada pengujian bending didapatkan nilai lendutan 0,3 cm dengan berat driver 45 kg dan 0,6 cm dengan berat driver 82 kg, pada posisi sebelum di berikan beban dan setelah di berikan beban lendutan kembali pada posisi awal 15,4 cm. Dengan demikian rangka (Chasis) mobil listrik sudah memenuhi persyaratan rangka kendaraan yaitu mempunyai nilai kelenturan atau fleksibilitas serta ringan dan kuat.
Unduhan
Referensi
Syahriza, S., Ibrahim, M., Arhami, A., & Naswadi, N., “Pembuatan Sistem Penghitung Kecepatan Mobil Listrik Teknik Mesin Unsyiah Berbasis Mikrokontroler Atmega”, Jurnal Teknik Mesin, 3(1), 24-27, 2015.
Jauhari, L. P. B., & Widyastuti, P. A., “Desain Transportasi Mobil Sedan Sport Dengan Teknologi Ramah Lingkungan”, Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi, Vol. 1, pp. 150-155, November 2018.
Harjono, D., & Widodo, W., “Analisis sistem penggerak motor BLDC pada mobil listrik ponecar”, Jurnal ELIT, 2(1), 11-22, 2021.
Adriana, M., BP, A. A., & Masrianor, M., “Rancang bangun rangka (chasis) mobil listrik roda tiga kapasitas satu orang”, Elemen: Jurnal Teknik Mesin, 4(2), 129-133, 2017.
Sularso dan K. Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin , Jakarta: PT Pradnya Paramita, 1997
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Piston: Jurnal Teknologi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.